Etika dalam Sistem Informasi

Etika dalam Sistem Informasi

Etika dalam Sistem Informasi

Etika dalam Sistem Informasi

Etika dalam sistem informasi hampir sama dengan etika dalam kehidupan sehari-hari pengertian dalam menentukan hal mana yang benar dan mana yang salah atau mana yang baik dan mana yang buruk. masalah ini sudah di artikan pertamakali oleh pada tahun
richard mason pada tahun 1986 yang di kenal dangan akronim PAPA yang artinya:

PRIVASI

PRIVASI menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi izin untuk melakukannya
Akurasi hal ini cukup penting ketidak akurasian terhadap informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu,merugikan, bahkan membahayakan.

PROPERTI

PROPERTI yang sedang digalakkan saat ini yaitu yang dikenal dengan sebutan HAKI (hak atas kekayaan intelektual).
HAKI biasa diatur melalui hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).

Hak cipta

Hak cipta adalah hak yang dijamin oleh kekuatan hukum yang melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seizin pemegangnya.Hak seperti ini mudah untuk didapatkan dan diberikan kepada pemegangnya selama masa hidup penciptanya plus 70 tahun.

Paten

Paten merupakan bentuk perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang paling sulit didapatkan karena hanya akan diberikan pada penemuan-penemuan inovatif dan sangat berguna. Hukum paten memberikan perlindungan selama 20 tahun.

Rahasia perdagangan, hokum rahasia perdagangan melindingi kekayaan intelektual melalui lisensi atau kontrak. Pada lisensi perangkat lunak, seseorang yang menandatanganikontrak menyetujui untuktidak menyalin perangkat lunak tersebut untuk diserahkan kepada oranglain atau dijual.
Akses tekno logi informasi diharapkan tidak menjadi peng haling dalam pengaksesan terhadap informasi. Tapi justru menjadi pendukung pengakesan terhadap semua pihak
Keamanan dalam informasi
Jika kita bicara keamanan system informasi maka yang ada dalam fikiran kita adalah pencegahan dari kemungkinan virus, hacker, cracker, hoax dan lain-lain.sebenarnya masalah keamanan system informasi adalah kemungkinan resiko yang muncul atas system informasi.

Ancaman terhadap system informasi dapat di bagi menjadi 2 bagian yaitu:
-Ancaman aktif: yaitu ancaman kecuranagn dan kejahatan terhadap computer
-ancaman pasif: yaitu ancaman yang mencangkup masalah kegagalan system, kesalahan manusia dan bencana alam.

Sumber: https://www.ayoksinau.com/