5 Pilihan Merk Head Unit Mobil Nissan Original

5 Pilihan Merk Head Unit Mobil Nissan Original

5 Pilihan Merk Head Unit Mobil Nissan Original

5 Pilihan Merk Head Unit Mobil Nissan Original

 

Head unit adalah

Head unit adalah sistem utama dalam audio mobil. Fungsi utama dari head unit ini adalah sebagai penghubung utama serta join kontroler antara pengguna dan perangkat yang ada. Jadi head unit ini tidak hanya sekedar “radio tape”-nya mobil, namun juga alat untuk mengontrol sarana hiburan di dalam mobil.

Orang mengenal berbagai macam media, mulai dari pemutar CD/DVD, USB flash memory, dan sampai sarana plug-in lainnya. Untuk media kontrol lainnya, pemilik mobil mengenal GPS, kamera parkir, trip odometer dan lain sebagainya.

Bahkan dengan teknologi mirrorlink, head unit ini sudah dapat mengadopsi sistem perangkat lunak android seperti smartphone. Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini diharuskan head unit kita sudah support double din.

Mobil-mobil baru biasanya sudah mengadopsi double din, sedangkan pada mobil-mobil lama masih menggunakan single din. Keduanya merujuk pada ukuran port tempat dudukan head unit.

Produk head unit ini banyak tersedia di pasaran, baik yang tergolong OEM maupun produk aftermarket. Tingkat kecanggihan dan harganya pun bervariasi. Khusus untuk mobil Nissan terdapat beberapa part head unit OEM yang sudah baik dan berkualitas.

Di antara part-part tersebut merupakan merk-merk terkenal dan banyak digunakan. Lantas merk head unit apakah yang paling pas untuk mobil Nissan kamu?

Alpine

Alpine adalah merk terkenal produksi Alpine Electronics, Inc. Yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Kontribusi merk Alpine ini dalam mobil Nissan ini paling nampak pada Nissan GTR.

Pada Nissan GTR, head unit di dalam kendaraan tersebut sebelumnya diberikan oleh Pioneer, yang kemudian digantikan oleh Alpine IDA-X100 iPod car stereo.

Selain itu Alpine juga mendukung mobil Nissan lain seperti Nissan Qashqai. Varian produk Alpine pun tersedia dalam banyak ragam. Kendati produk-produk head unit Alpine ini terkesan mahal di Indonesia, namun kualitas yang ditawarkan benar-benar sepadan.

JVC

Head Unit dengan merk JVC adalah yang paling banyak digunakan mobil-mobil Nissan. Rata-rata produknya memiliki kualitas yang baik sehingga banyak mobil-mobil pabrikan Nissan menggunakan merk ini sebagai part OEM-nya.

Head Unit JVC memberi penawaran produk dengan tampilan yang menarik dan lengkap, baik 1 din maupun 2 din.

Selain itu head unit JVC banyak dipasangkan di mobil Nissan Grand Livina, Nissan Altima, Nissan Qashqai, dan lain-lain.

Baca Juga : 3 Keunggulan Karpet Mobil Mie Bihun Grand Livina

MTech

Selain JVC, produk-produk Mtech juga banyak diadopsi oleh mobil-mobil Nissan sebagai part OEMnya.

Head unit Mtech mudah didapat di Indonesia. Nissan X Trail jadi model yang sering kebagian Mtech. Meskipun dianggap sebagai produk premiumnya Nissan, Mtech memiliki harga yang cenderung miring untuk sebuah head unit premium.

Baca Juga : 5 Panduan Memilih Cover ban Serep Nissan, Jangan Lihat Harga Murahnya Saja

Kenwood

Head Unit Kenwood lebih sering dilihat pada mobil Nissan March. Ia merupakan jenis head unit premium yang jarang dimiliki masyarakat Indonesia. Sayangnya merk satu ini sulit dicari.

Kenwood sendiri mengalami masa yang cukup sulit sehingga perusahaan ini harus bergabung dengan JVC agar tetap hidup. Padahal banyak produk Kenwood yang dikenal berkualitas.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Cover Selimut Mobil Full Outdoor Nissan Livina

Pioneer

Pioneer menyumbang head unit yang bisa digunakan di Nissan X Trail dan Nissan Navara. Untuk urusan kualitas jangan ditanya lagi. Pioneer menghadirkan head unit yang pas dan berkualitas, sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Nah, jika anda hendak mengganti bagian head unit pada mobil Nissan, maka sebaiknya kamu memperhatikan kualitas head unit yang dikehendaki. Tingkat kecanggihan, kepraktisan, dan tampilan yang menarik inilah yang menjadi patokan seseorang dalam menentukan head unit yang pas.

 

Sumber : https://merkterbaik.com/