3 Jenis Alat Ukur Panjang yang Bisa Kamu Gunakan

3 Jenis Alat Ukur Panjang yang Bisa Kamu Gunakan

jika anda telah membaca artikel pengamatan ilmiah di dalam IPA, ada satu perihal perlu yang wajib anda pahami, yakni melaksanakan pengukuran bersama alat ukur yang sesuai. “Memangnya, alat ukur ada berapa banyak?” Hooo, terlalu banyak sekali. Oleh sebab itu, yuk kita pelajari alat ukur itu apa saja jenisnya dan berfaedah untuk mengukur apa saja!

Secara ilmiah, pengukuran adalah suatu proses membandingan suatu besaran yang diukur bersama besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan.

Misalnya, kalian mengukur sebuah balok kayu, yang satu anda ukur panjangnya, yang satu anda ukur massanya, itu tidak sanggup dibilang sebuah pengukuran. Tetapi dikala anda memperbandingkan panjang ke-2 balok bersama satuan ukur sentimeter, maka anda baru sanggup dikatakan sedang melaksanakan pengukuran.

Okeee, daripada berpusing-pusing, kita fokuskan artikel ini ke alat ukur panjang, sebab alat ini yang paling lazim dan banyak dipakai.

ALAT UKUR PANJANG

Alat ukur panjang umumnya digunakan untuk melaksanakan pengukuran pada suatu objek untuk mengerti tinggi, panjang, lebar, atau tebal. Ada sebagian alat ukur yang sanggup anda gunakan, seperti sebagian misal model alat ukur di bawah ini.

Mistar

Mistar……….. bukan, bukan mistar gawang, mistar yang kita maksud di sini adalah penggaris. Alat ini digunakan untuk mengukur suatu benda yang tidak kecil, tapi tidak besar juga. Skala terkecil pada sebuah penggaris/mistar adalah 0,1cm atau 1,00mm.

Selain untuk mengukur panjang suatu objek, mistar ini biasa digunakan di dalam mengakibatkan sebuah gambar, utamanya untuk mendapatkan sebuah garis lurus bersama panjang tertentu.

Jangka Sorong

Jangka sorong adalah sebuah alat ukur yang berupa seperti kunci Inggris. Alat ini digunakan untuk mengukur diameter sebuah pipa, baik anggota di dalam ataupun anggota luarnya.

Jangka sorong punya 2 model skala, yakni skala utama dan skala nonius yang sanggup digeser-geser. Skala terkecil dari jangka sorong adalah 0,01cm atau 0,1mm.

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup digunakan di dalam pengukuran panjang suatu benda yang kecil, seperti mengukur panjang/ketebalan plat-plat aluminium yang tipis, ketebalan kertas, ketebalan kawat, dan lain-lain.

Karena alat ukur ini diperuntukkan di dalam mengukur suatu hal yang terlalu kecil atau tipis, maka skala yang paling kecil dari alat pengukuran ini adalah 0,001cm atau 0,01mm. https://www.gurukelas.co.id/

Bagaimana, telah mengerti kan? Itu adalah sebagian alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang. Secara nyata, umumnya alat-alat di atas digunakan di dalam pekerjaan konstruksi. Jika anda nantinya berencana menjadi seorang insinyur, anda telah mengerti alat apa ini dan kegunaanya.