Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tumbuhan Berbiji Tertutup

Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tumbuhan Berbiji Tertutup

Ketika Rogu pulang sekolah tadi, Rogu memandang adiknya sedang menangis. Waktu ditanya kenapa, bukannya jawab malah malah nangis. Ternyata oh ternyata, adik Rogu nggak sengaja menelan biji jeruk. “Takut tumbuh dari kepala”, katanya. Rogu malah tertawa. Masih beruntung ya yang ketelan biji jeruk, bukan biji pinus.

Ngomong-ngomong soal biji, ternyata tumbuhan berbiji atau Spermatophyta merupakan tumbuhan yang tingkat perkembangannya paling tinggi loh. Mereka membuahkan biji yang jadi alat perkembangbiakan generatif. Nah, berdasarkan bijinya Spermatophyta dibagi dua jadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Apa beberapa ciri dari Gymnospermae dan Angiospermae?

Tumbuhan ini disebut tumbuhan berbiji terbuka gara-gara dapat bijinya tidak tertutup oleh daun buah. Umumnya Gymnospermae berbentuk pohon besar yang batangnya terkandung kambium sehingga sanggup membesar dan punyai akar tunggang. Selain itu, Gymnospermae termasuk sudah punyai jaringan pembuluh yang bernama xilem dan floem. Hayo, tetap ingat nggak pelajaran kelas 8 SMP berkenaan xilem dan floem?

Alat perkembangbiakan Gymnospermae berbentuk strobilus yang terdiri atas dua yakni strobilus jantan yang berisi serbuk sari dan mempunyai kandungan sperma, dan strobilus betina yang mempunyai kandungan dapat biji berisi sel telur. Gymnospermae nggak cuma satu tipe Squad, tetapi mereka dikelompokkan ulang jadi empat divisi yaitu:

1. Cycadophyta

Tumbuhan terhadap divisi ini ciri-cirinya tidak bercabang dan punyai daun majemuk. Contohnya adalah Cycas rumphii atau pakis haji. Pakis haji kebanyakan dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

2. Ginkgophyta

Anggota dari divisi ini cuma ada satu spesies Squad, yakni Ginkgo biloba yang berasal dari Cina. Bentuk daunnya seperti kipas dan mudah gugur. Biasanya, tumbuhan ini mengeluarkan bau yang tidak enak dan sanggup digunakan sebagai obat. Kayak apa ya baunya?

3. Coniferophyta

Tumbuhan yang termasuk di dalam divisi ini merupakan tumbuhan yang tetap hijau atau evergreen. Alat reproduksinya berbentuk kerucut baik strobulus jantan maupun betinanya. Contohnya adalah pinus. Siapa hayo yang pernah pergi ke hutan pinus dan main lempar-lemparan biji pinus di sana?

4. Gnetophyta

Terakhir, Gnetophyta yang tumbuhan-tumbuhannya sanggup berbentuk perdu, tumbuhan pemanjat atau pohon. Mereka punyai tulang daun menyirip. Contoh tumbuhan di dalam divisi ini adalah Gnetum gnemon atau melinjo. Tumbuhan ini sanggup digunakan baik daun dan bijinya, kebanyakan digunakan sebagai sayuran untuk dimakan contohnya seperti sayur asem atau sayur lodeh. Pasti anda pernah kan makan sayur asem atau sayur lodeh?

Selain yang disebutkan di atas, tetap banyak loh Squad kegunaan Gymnospermae yang lain. Meja dan kursi kayu yang sering kami gunakan termasuk termasuk di dalam pemanfaatan gymnospermae, contohnya seperti pinus. Pinus sering digunakan jadi bahan furnitur gara-gara kayunya ringan, mudah diwarnai gara-gara warna dasarnya pucat dan pohon barunya tumbuh cepat. Jadi, ketika pinus-pinus ditebang untuk dijadikan furnitur, sistem regenerasi pohon barunya lebih cepat dibandingkan dengan pohon lain yang biasa dijadikan furnitur termasuk jika oak.

Bagaimana dengan tumbuhan berbiji tertutup atau Angiospermae?

Berkebalikan dengan Gymnospermae, Angiospermae adalah tumbuhan berbiji tertutup. Angiospermae membawa alat reproduksi berbentuk bunga dengan dapat biji terdapat di di dalam dapat buah. Alat reproduksi jantannya adalah benang sari (stamen) dan alat reproduksi betinanya adalah putik (pistil). Reproduksi terhadap Angiospermae dimulai dengan peristiwa penyerbukan alias ketika serbuk sari menempel terhadap kepala putik.

Angiospermae sanggup dibagi jadi dua kelas Squad, yakni Liliopsida dan Magnoliopsida atau yang biasa kami sebut dengan monokotil dan dikotil. Monokotil adalah tumbuhan yang bijinya berkeping satu, contohnya bunga lili, palem, anggrek dan jagung. Sedangkan dikotil adalah tumbuhan yang bijinya berkeping dua seperti apel, stroberi dan kacang-kacangan.

Angiospermae termasuk berfungsi di kehidupan kami loh Squad. Contohnya ada Oryza sativa atau padi yang berfungsi sebagai bahan pangan sumber karbohidrat gara-gara padi sanggup diolah dan dimasak jadi nasi yang sering kami makan sehari-hari. Lalu ada Carica papaja atau pepaya yang berfungsi jadi sumber vitamin dan mineral di dalam bentuk buah-buahan.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/