Olahraga Ringan Sebelum Tidur Agar Tidur Semakin Berkualitas

Olahraga ringan sebelum tidur untuk istirahat yang berkualitas

Mister yakin masih banyak yang belum pernah berolahraga sebelum tidur. Olahraga ringan sebelum tidur memiliki banyak manfaat, termasuk istirahat berkualitas, sirkulasi darah, melemaskan otot-otot tubuh dan membuat tubuh lebih kuat keesokan harinya. Mari lakukan 5 olahraga ringan ini sebelum tidur!

1. Regangkan ke leher

Lakukan latihan ringan ini untuk mengendurkan otot-otot leher yang tegang setelah seharian bekerja. Cara membuat bagian pertama leher, duduk tegak dengan kaki Anda rileks. Kaki bisa bersila atau duduk di tepi tempat tidur dan kaki berada di lantai. Gunakan tangan kanan Anda untuk mencapai bagian atas telinga kiri Anda. Tarik perlahan kepala ke kanan. Rasakan peregangan di otot leher kiri
Pembelian pertama 10%
Kemudian tutup mata Anda dan terus bernapas normal dan tahan posisi ini selama 30 detik. Lakukan gerakan 1-3 kali ke kanan dan kiri. Ubah gerakan ini dengan membungkuk dan mengangkat kepala Anda atau memutar kepala Anda ke kanan dan kiri

2. Rotasi setengahnya

Latihan ini juga berguna untuk merilekskan otot-otot leher. Caranya, duduk tegak dengan kaki Anda rileks (kaki bersilang atau melangkah di lantai). Bahu dan lengan Anda harus rileks. Setelah itu, miringkan kepala ke kanan, lalu putar kepala secara perlahan ke bawah hingga hampir menyentuh bahu kiri. Jangan angkat kepala Anda.
Jadi, buat gerakan serupa ke arah yang berlawanan. Terus bernapas normal dan ulangi gerakan 1-3 kali.

3. Tangan terhubung ke interlocking

Latihan ringan sebelum tidur sangat bagus untuk otot-otot bahu dan lengan. Caranya, duduk tegak dengan kaki disilangkan atau lurus di atas tempat tidur. Kaitkan jari Anda di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas, kepala Anda rileks dengan mata tertutup.
Kemudian, tekan tangan Anda perlahan-lahan ke atas saat Anda bernapas normal. Rasakan ekstensi bahu dan otot-otot lengan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi gerakan 1-3 kali. Variasikan latihan ringan ini dengan mendorong tangan Anda di depan dada Anda atau ke arah belakang.

4. Jangkau jari-jari kaki

Latihan ringan mencapai jari-jari kaki, membidik otot-otot pinggang, paha belakang dan betis. Mendapatkan jari kaki sangat sederhana, cukup duduk dengan kedua kaki terentang dan lurus ke depan. Lipat lutut dan kaki sedikit tegak. Setelah itu, tekuk tubuhmu ke depan.
Jaga punggung Anda tetap lurus dan jangan membungkuk kemudian bawa tangan Anda sejauh mungkin ke arah jari-jari kaki Anda. Dengan kepala Anda rileks dan mata Anda tertutup, tetap bernapas secara normal. Rasakan peregangan yang terjadi dalam hidup, paha belakang dan betis. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi gerakan 1-3 kali.

5. Peregangan pemanjangan

Latihan peregangan ringan ini sangat baik untuk tubuh karena mempengaruhi semua otot tubuh. Caranya, tidur dalam posisi terlentang dengan kaki sempit dan meluruskan kaki Anda. Juga luruskan tangan Anda di kepala dengan jari-jari Anda terjalin.
Dorong tangan Anda ke atas dan ke bawah sejauh mungkin. Tarik perut ke dalam selama gerakan. Tutup matamu dan terus bernapas normal. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi bagian peregangan 1-3 kali.
Setelah melakukan latihan ringan di atas, proses relaksasi berlanjut dengan latihan pernapasan. Pelatihan pernapasan sangat penting untuk mengatasi insomnia.

Baca Juga: