Axolotl, Hewan Vertebrata yang Suka Tersenyum

Axolotl, Hewan Vertebrata yang Suka Tersenyum

Kamu udah kenal belum sama axolotl? Apa tuh axolotl? Axolotl adalah “monster air” yang imut dikarenakan wajahnya terlihat layaknya selalu tersenyum. Axolotl sering disebut sebagai ikan berkaki, padahal mereka bukan ikan Squad, namun sejenis Salamander yang berasal berasal dari Meksiko. Mereka memiliki warna yang beragam, tersedia hitam, coklat, albino putih, albino emas, albino pink, dan lain-lain.

Axolotl terhitung ke di dalam grup hewan amfibi, yang berarti axolotl terhitung terhitung sebagai hewan vertebrata. Apa itu hewan vertebrata? Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Selain grup hewan amfibi, masih tersedia empat grup hewan lain yang terhitung di dalam hewan vertebrata lho Squad. Ada grup apa saja ya? Lalu, apa beberapa ciri berasal dari tiap-tiap kelompok? Yuk kita bahas sekarang!

1. PISCES

Pisces atau ikan hidupnya di air, baik air tawar maupun air asin. Tubuh mereka bersisik, bergerak mengfungsikan sirip, dan mampu bernapas di air bersama dengan insang yang mereka miliki. Jantung mereka hanya terbagi jadi dua area yang terdiri atas satu serambi dan satu bilik.

Hewan-hewan yang terhitung di dalam grup pisces adalah hewan berdarah dingin atau poikiloterm, yang berarti suhu tubuh mereka mampu berubah-ubah sesuai suhu lingkungannya. Mereka berkembang biak bersama dengan langkah bertelur (ovipar) dan pembuahannya terjadi di luar tubuh induknya (eksternal).

2. AMFIBI

Amfibi mampu hidup di air layaknya pisces, namun mereka terhitung mampu hidup di darat lho. Contohnya adalah salamander atau axolotl! Mereka bergerak mengfungsikan dua pakai tungkai, dan memiliki kulit yang tipis dan berlendir. Sama layaknya pisces, mereka berkembang biak secara ovipar atau bertelur, namun pembuahannya mampu terjadi secara internal (di di dalam tubuh induk) atau eksternal (di luar tubuh induk).

Jantung amfibi terhitung hanya memiliki satu bilik, namun memiliki dua serambi. Jadi, area jantungnya tersedia tiga Squad. Amfibi terhitung berwujud poikiloterm atau berdarah dingin, berarti suhu tubuh amfibi mampu berubah dikarenakan terpengaruh lingkungan.

3. REPTIL

Hewan-hewan yang terhitung ke di dalam grup reptil kebanyakan banyak di-jijik-in nih. Reptil terhitung hidup di air dan di darat, tubuhnya terhitung ditutupi oleh sisik. Mereka berubah area bersama dengan langkah merayap atau melata. Hayo, mampu bedain nggak mana yang merayap dan mana yang melata? Jika merayap, mereka mengfungsikan tungkai dan kalau melata, mereka mengfungsikan perut.

Reptil memiliki empat area terhadap jantungnya, kuantitas serambinya tersedia dua dan biliknya tersedia dua juga, namun sekatnya tidak sempurna. Mereka terhitung mampu menyesuaikan suhu tubuh bersama dengan lingkungannya, baik waktu di air maupun waktu di darat. Oh iya, tersedia yang tidak serupa bersama dengan reptil nih. Jadi, mereka berkembang biak mampu bersama dengan dua cara. Bisa bersama dengan langkah bertelur (ovipar) atau bertelur dan melahirkan (ovovivipar), namun pembuahannya hanya mampu terjadi di di dalam tubuh induknya (internal).

4. AVES

Hewan di dalam grup aves seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kalau terhadap paruh dan kakinya. Mereka hidup di darat, dan memiliki sepasang sayap dan juga kaki untuk bergerak. Umumnya mereka mampu terbang, namun tersedia terhitung loh Squad hewan di dalam grup aves yang tidak mampu terbang.

Jantung aves memiliki empat area prima yang berwujud dua serambi dan dua bilik. Selain tersedia serambi dan bilik, di dalam jantung aves terhitung terkandung pundi-pundi hawa yang mampu membantu proses pernapasan waktu mereka tengah terbang. Aves lakukan fertilisasi di di dalam tubuh betinanya atau induknya, lantas mereka akan bertelur (ovipar) dan mengerami telurnya hingga menetas. Nah, tidak serupa bersama dengan tiga grup hewan di atas, aves adalah hewan berdarah panas atau homoioterm. Artinya, suhu tubuh mereka stabil dan tidak terpengaruh oleh lingkungan.

5. MAMALIA

Kelompok hewan vertebrata yang paling akhir adalah mamalia. Mamalia kebanyakan memiliki rambut di permukaan tubuhnya dan memiliki kelenjar susu yang berfaedah sebagai penyedia susu untuk hewan yang masih muda. Mereka kebanyakan hidup di darat, namun tersedia terhitung beberapa jenis mamalia yang hidup di air.

Sama layaknya aves, mamalia terhitung homoioterm namun mereka memiliki pemeriksaan kendali suhu tubuh yang lebih baik. Kemampuan adaptasi mereka tuh amat tinggi Squad. Proses fertilisasinya terjadi di di dalam tubuh induknya, lantas embrionya berkembang di di dalam tubuh induknya terhitung yang lantas dikeluarkan secara melahirkan atau vivipar. Ada terhitung lho Squad mamalia yang bertelur, contohnya adalah platypus.

Wah, ternyata banyak terhitung ya Squad teman-teman vertebrata berasal dari si axolotl. Meskipun sama-sama vertebrata, mereka memiliki beberapa ciri yang tidak serupa berasal dari tiap-tiap kelompoknya. Ada yang berasal dari habitatnya, alat geraknya, langkah perkembangbiakannya, dan lain-lain.

Baca Juga :