Tips Penghilang Bau Mulut

Bau mulut yang buruk (halitosis) dapat membuat Anda merasa tidak aman ketika berinteraksi dengan orang lain. Eits, tenang dulu. Ada banyak cara ampuh, sungguh, untuk mencegah halitosis! Baca di bawah.
Berbagai jenis metode akurat untuk mencegah halitosis

Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk mencegah halitosis satu kali untuk semua:

1. Cuci gigimu dengan rajin

Sikat gigi jarang salah satu penyebab paling umum bau mulut. Menjaga kesehatan gigi dan mulut menyikat gigi adalah kunci utama yang perlu Anda lakukan untuk menghindari halitosis.
Rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mengangkat sisa makanan. Agar maksimal, gunakan juga mouthwash dan dental floss (benang gigi) untuk mengusir semua bakteri jahat dari mulut.

2. Minum banyak air

Air putih mencegah penyakit jantung
Mulai sekarang, lebih rajin minum air, agar selalu dijauhkan dari rasa malu karena memiliki halitosis. Ya! Minum 8 gelas air setiap hari tidak hanya efektif untuk memuaskan dahaga, tetapi juga mencegah halitosis.
Air bisa menjaga mulut tetap lembab, sehingga terhindar dari mulut kering yang menyebabkan bau mulut.

3. Jagalah diet Anda

Makanan pedas dapat menyebabkan tuli sementara
Hindari makanan yang berbeda yang dapat memicu halitosis, seperti bawang, bawang putih, makanan manis dan makanan pedas. Berbagai jenis saus (bumbu) seperti mayones, saus tomat atau saus barbekyu (barbecue) juga bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Meski rasanya tidak manis, saus ini sebenarnya mengandung gula tinggi yang bisa menempel di mulut dan sangat dihargai oleh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

4. Berhenti merokok

merokok ketika rusak dengan cepat
Berhenti merokok tidak hanya mencegah Anda menghindari berbagai penyakit, tetapi juga mencegah halitosis. Awalnya itu tidak mudah. Terutama jika Anda sudah terbiasa merokok selama bertahun-tahun.
Untuk mulai mengerem keinginan “sebat (rokok merah pertama)”, Anda dapat mengunyah permen karet bebas gula, yang juga efektif dalam merangsang produksi air liur dan mencegah halitosis.
Jika masih sulit, dokter Anda mungkin meresepkan obat-obatan tertentu atau berhenti merokok.

5. Periksa gigi rutin Anda

pemeriksaan gigi rutin
Tidak kalah pentingnya, pastikan untuk memeriksa gigi Anda secara rutin setiap enam bulan sekali. Ini dapat membantu mendeteksi secara dini dan mengatasi penyakit gusi, mulut kering atau masalah gigi dan mulut lainnya yang menyebabkan halitosis.

Baca Juga: